Bogor – Anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), melalui layanan pengelolaan limbah Nathabumi menggelar Program Edukasi Lingkungan (PEDULI) kepada para siswa sekolah dasar di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cibinong, Kamis 11 Januari 2024. Kegiatan yang mengangkat tema KELAS KITA (Kelola Sampah Sekitar Kita) diadakan dengan melibatkan karyawan sebagai sukarelawan (volunteer), untuk melakukan edukasi pemilahan sampah sejak dini yang dikemas menarik melalui praktik mengompos serta permainan kartu edukasi pemilahan sampah.

Head of AFR Division SBI, Budi Yuliadi Nugraha, menyampaikan tujuan kegiatan KELAS KITA adalah menumbuhkan kesadaran sejak dini tentang pentingnya pemilahan dan pengelolaan sampah dari lingkungan terdekat seperti di rumah dan sekolah yang dapat berdampak pada penurunan jumlah sampah tidak terkelola yang berakhir di TPA.

“Kami percaya, masa depan berkelanjutan dapat terwujud melalui peran serta berbagai pihak, terutama dengan melibatkan lebih banyak generasi muda dan menumbuhkan kesadaran serta rasa tanggung jawab untuk memilah, mengelola dan mengurangi sampah”, ungkap Budi Yuliadi Nugraha, Head of AFR Division SBI.

Dalam kegiatan ini, para siswa juga mengetahui bagaimana peran Nathabumi dalam mengelola limbah dan sampah, sehingga para siswa dapat memahami secara sederhana apa perbedaan limbah dan sampah dan bagaimana cara pengelolaannya. “Kolaborasi ini sangat bermanfaat dan perlu dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Kami sangat senang karena kegiatan dikemas menarik melalui permainan edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak, sehingga dapat dipahami dengan lebih mudah,” tutur Siti Mariam,S.Pd, selaku Kepala Sekolah SAI Cibinong.

Sebagai bagian dari Perusahaan yang berkomitmen dalam mendorong target pembangunan berkelanjutan 2030, Nathabumi juga berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap dalam mengoperasikan fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau refuse-derived fuel (RDF) di Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Kerjasama semakin berkembang ke kota-kota lain diantaranya dengan Pemkab Banyumas, Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Aceh, Pemkab Temanggung, Pemkab Sleman dan pengelola sampah di Denpasar, Bali.

“Nathabumi turut mengambil peran melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk replikasi penerapan teknologi RDF di berbagai kota di Indonesia, penanganan limbah B3 maupun Non-B3 dari berbagai sektor industri, hingga melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai upaya edukasi pengelolaan sampah dan limbah yang ramah lingkungan. Hal ini tentu saja menjadi upaya Nathabumi dalam mewujudkan lingkungan yang lestari serta memberikan nilai tambah bagi masa depan yang lebih baik”, tambah Budi Yuliadi Nugraha, Head of AFR Division SBI.